![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgC3L8TDnQa3HEMiu5mBnJBCJvzwEp_z-A20l2SVgg4u-6NetfXAe5tQlb0lVPuWKy6Mr8bmVGoADat0tGmPzwdxyfaeyFkkzXJQqvFnckwJaREkN4EWuDJ5hCIn17il-vhgBzhltWTO6c/s320/tampilan+power+point+2007.png)
Microsoft Power Point merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menyusun presentasi dengan berbagai kreativitas.
1. Fungsi Microsoft Power Point
1. Fungsi Microsoft Power Point
Software Microsoft Power Point sangat berguna dalam mendukung kesuksesan sebuah presentasi. Dalam Microsoft Power Point, kita dapat memasukkan elemen-elemen seperti gambar atau movie, yaitu salah satu elemen yang sangat mudah dimengerti oleh audience.
2. Area Kerja Microsoft Power Point 2007
A. Microsoft Office Button
Microsoft Office Button adalah fasilitas baru yang terdiri atas peintah-perintah dasar yang sudah tersedia, seperti New, Open, Save, Print, dan lain-lain.
B. Quick Access Toolbar
Sebuah fasilitas menu untuk memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Kita dapat menambahkan beberapa perintah untuk dimunculkan dengan mengklik Customize Quick Access Toolbar. Pada pilihan menu yang muncul, klik More Command.
C. Ribbon Menu
Ribbon Menu adalah cara baru mengelompokkan menu pada toolbar dengan menampilkan seluruh fasilitas secara grafis berupa ikon-ikon. Ribbon merancang setiap perintah atau fasilitas secara terorganisir ke dalam kelompok atau kategori yang ditempatkan di bawah Tab. Untuk memperluas area kerja, babarepa Tab ditunjukkan hanya ketika diperlukan apabila objek yang berhubungan dalam keadaan aktif.
D. Slides/Outline
Slides dan Outline adalah jendela tambahan yang sudah umum digunakan pada Microsoft Power Point. Jendela ini hanya akan ada jika kita memilih tampilan presentasi dengan mode Normal pada area kerja.
Jendela Slides digunakan untuk menampilkan thumbnail slide-slide dalam presentasi, sedangkan jendela Outline digunakan untuk menampilkan teks yang berada di dalam slide. Pada jendela Slides, kita dapat mengaktifkan slide yang ingin ditampilkan pada area kerja dengan cara klik pada thumbnail slide yang dimaksud.
Di dalam jendela ini terdapat bebebrapa fasilitas yang akan sering digunakan dalam membuat presentasi seperti cut, copy, paste, dan duplicate slide. Untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut, klik kanan pada thumbnail slide yang dimaksud.
E. Slide
Slide adalah lembar kerja tempat presentasi dibuat. Ketika kita membuat presentasi baru pada Microsoft Power Point, maka secara otomatis slide akan ditampilkan dengan tampilan slide umum yang berisikan satu slide kosong.
F. Task Pane
Jendela yang berada di sebelah kanan area kerja yang berisikan kelompok fasilitas tertentu. Pada Microsoft Power Point 2007, jendela Task Pane disembunyikan dan hanya akan muncul jika diperlukan atau fasilitas yang berhubungan diaktifkan. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut seperti Clip Art, Costum Animation, Selection Pane, dan lainnya.
G. Note Pages
Tempat untuk menyisipkan catatan yang berkaitan dengan presentasi. Sama halnya dengan jendela slides dan outline, note page adalah bagian dari tampilan presentasi dengan mode Normal.
H. Status Bar
Status Bar adalah kotak yang beriiskan tentang informasi area kerja seperti Slide number, Themes name, Language, Presentation view, dan Zooming.
3. Membuat Presentasi Baru
New Document atau Blank Presentation adalh file kosong yang memberi kebebasan kepada kita untuk menentukan spesifikasi yang diperlukan dalam proses menyusun presentasi. Untuk langkah awal, kita perlu mengetahui bagaimana membuat presentasi baru.
Untuk membuat dokumen baru, langkah-langkahnya adalah sebgai berikut :
1. Klik ikon New Document pada Quick Access Toolbar atau dengan menekan Ctrl+N.
2. Atau melalui Microsoft Office Button, lalu pilih New.
3. Selanjutnya tentukan jenis presentasi yang diperlukan pada kotak dialog New Presentation jika kita membuat slide varu melalui Office Button.
4. Menggandakan Slide
Terdapat dua macam penggandaan slide, yaitu :
1. Duplicate yaitu meng-copy slide yang sama atau menyalinnya dengan ukuran, posisi, serta
objek yang sama. Untuk menggandakan slide, klik segitiga kecil yang berada pada fasilitas
Paste dan pilih Duplicate atau dengan menekan Ctrl+D.
2. New Slide adalah penambahan dokumen baru dalam sebuah file tanpa memperhatikan
ukuran, isi, serta posisi dokumen sebelumnya. Untuk menambah slide baru, klik pada ikon
New Slide di dalam tab Home atau klik kanan pada thumbnail Slides dan pilih New Slide.
5. Layout
Layout adalah sebuah tata letak yang disediakan oleh Microsoft Power Point untuk mengatur tampilan presentasi. Setiap layout terdiri atas beberapa placeholder sebagai tempat untuk memasukkan isi presentasi.
Setiap kita membuat presentasi baru, maka pada slide pertama akan menampilkan layout secara umum yang terdiri atas placeholder judul dan subjudul presentasi. Kita dapat mengubah layout dengan mengaktifkan tab Home kemudian klik Layout pada kategori Slides.
Template slide Layout terdiri atas beberapa Placeholder. Ada dua jenis placeholder dengan muatan yang berbeda.
1. Basic Placeholder digunakan untuk memasukkan teks presentasi seperti judul dan subjudul.
2. Content Placeholder digunakan untuk memasukkan isi presentasi serta media presentasi yang terdiri atas Table, Chart, Smart Graphic, Picture from file, Clip Art, dan Media clip.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar